Kamis, 15 April 2010

BERITA

The Changcuters : Building Community First

the-changcuters

Tentunya kita tahu kan band yang sedang fenomenal saat ini, The Changcuters. Band ini cukup cepat melejit masuk ke band papan atas Indonesia. Ada apa ya? Dari segi musikalitas memang cukup unik dan dapat diterima oleh pasar Indonesia. Dari segi performance pun, Band ini cukup menarik untuk disimak. Tapi ada satu yang tidak terlihat, bahwa band ini cukup mengandalkan komunitas fans mereka yang dinamai dengan Changcut Rangers. Changcut Rangers adalah nama komunitas fans The Changcuters.

Apa yang unik ya, kan semua band juga mempunyai komunitasnya tersendiri. Berbeda dengan band-band lainnya, The Changcuters ini memliki komunitas changcut rangers sebelum mereka masuk major label. Digawangi oleh Tria, Qibil dan Dipa, band ini dibentuk pada tahun 2004 di kota Bandung. Musiknya yang cukup unik didukung dengan aksi panggung yang cukup heboh band ini dapat diterima oleh masyarakat Bandung, terutama abg-abg bandung yang sepertinya memang target market mereka. Seiring dengan awal perjalanan band mereka, dibentuklah Changcut Rangers, komuitas fans club The Changcuters atau groupies nya. Anggotanya sebagian besar adalah anak-anak SMP dan SMA di kota bandung. The Changcuters pun banyak mengadakan promosi dengan “manggung gratis”, mereka bersedia perform tanpa dibayar asalkan nama mereka dipromosikan. Setiap The Changcuters perform, Changcut Rangers selalu hadir. Semakin lama komunitas Changcut Rangers pun semakin besar dan menyebar di kota Bandung. Nama The Changcuters pun semakin kuat di masyarakat kota Bandung, apalagi mereka dapat masuk ke Jenjang Musik Top di radio-radio di Bandung. Uniknya dari fans club ini adalah mereka cukup fanatik dengan The Changcuters, sampai-sampai apabila The Changcuters manggung, komunitas ini juga menggunakan kostum yang identik dengan The Changcuters dan hal tersebut tentunya cukup menarik perhatian massa. Disitulah semakin terkenal The Changcuters diiringi semakin kuat komunitas mereka. Oleh karena itu, ketika masuk major label The Changcuters dapat langsung diterima dan mempunyai komunitas fans club yang besar dan kuat.

thechangcuters2l2

Apa yang bisa kita pelajari darisini, yaitu strategi yang diciptakan oleh The Changcuters. Disaat biasanya sebuah band meraih ketenaran dahulu, baru ada fans club. The Changcuters melakukan sebaliknya. Mereka membuat komunitas dari awal perjalanan karir mereka, sehingga karakteriski komunitas mereka adalah yang benar-benar mencintai The Changcuters dan musiknya, bukan karena dia terkenal. Hal tersebut membuat loyalitas dari sebuah community menjadi besar dan mereka akan senantiasa mendukung produk mereka, dalam hal ini The Changcuters. Dengan menggunakan Community Marketing ini, proses growth Band tersebut akan menjadi lebih cepat. Apalagi didukung oleh komunitas mereka yang loyalitasnya cukup besar, membuat band ini akan dikenal juga melalui Word of Mouth Marketing, dimana komunitas loyal tadi menjadi talkers yang cukup efisien. Biasanya mereka akan mengajak teman-temen mereka untuk menonton The Changcuters dan menjadi Changcut rangers. Dari situ juga komunitas ini akan berkembang sejalan perkembangan Band tersebut. sehingga ketika mereka cukup dikenal secara nasional, mereka sudah mempunya komunitas yang cukup besar yang dipupuk dari kecil. So, ketika Band tersebut booming, komunitas mereka juga booming. Ada 2 Boom, Brand (The Changcuters) and Community (Changcut Rangers) dalam saat yang sama. Hal tersebut lah salah satu yang membuat Band ini cepat menjadi Band papan atas Indonesia. Any Comment Marketer???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar